Jumat, 27 Oktober 2023

Tips Mencegah Obesitas




  

    Obesitas adalah kondisi dimana berat badan berada di atas normal karena penumpukan lemak yang berlebih.Penumpukan lemak ini terjadi karena asupan kalori lebih tinggi dari kalori yang telah digunakan. Obesitas dapat didefinisikan ebagai akulasi lemak yang abnormal atau berlebihan yang memiliki peluang untuk menimbulkan beberapa resiko kesehatan kepada seseorang. 

    Ada banyak penyebab dari obesitas seperti, pola makan yang tidak sehat, konsumsi sedikit serat ( buah dan sayur), kurangnya aktivitas fisik dan merokok. Jika seseorang berhenti merokok, mana nafsu makannya akan bertambah dan tentu saja akan meningkatkan berat badannya. Aktivitas fisik juga harus dilakukan untuk membantu mengurangi resiko terjadinya obesitas, Phsycal Activity and Health merekomendasikan untuk melakukan aktivitas fisik sedang sekitar 30 menit atau lebih dalam waktu seminggu. Riwayat obesitas pada orang tua berhubungan dengan genetik/hereditas anak dalam mengalami obesitas. Hasil penelitian Haines, menunjukkan bahwa kelebihan berat badan pada orang tua memiliki hubungan positif dengan kelebihan berat badan anak. Jika ayah/ibu menderita overweight, maka anaknya memiliki kemungkinan terkena obesitas sebesar 40-50%. asupan makanan dari bahan-bahan atau olahan makanan yang serba instan secara berlebihan, seperti mi instan, junk food atau makanan siap saji seperti pizza, burger, hotdog, dan lainnya juga bisa menjadi penyebab dari obesitas.

Nah ada beberapa tips mencegah obesitas yang dapat kalian tonton pada video youtube dibawah ini!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tips Mencegah Obesitas

        Obesitas adalah kondisi dimana berat badan berada di atas normal karena penumpukan lemak yang berlebih.Penumpukan lemak ini terjad...